Image of Etika Agama Dalam Pembentukan Kepribadian Nasional Dan Pemberantasan Kemaksiatan Dari Segi Agama Islam

Text

Etika Agama Dalam Pembentukan Kepribadian Nasional Dan Pemberantasan Kemaksiatan Dari Segi Agama Islam



Dalam semua keadaan, dimana orang menjalankan perbuatannya maka sewaktu kesadarannya itu harus memilih salah satu perbuatan, maka ia baru merasa puas apabila pilihannya itu disandarkan kepada ketundukan terhadap kekuasaan yang paling tinggi-kekuasaan yang lain daripada yang kita kenal, yang mungkin mendorong orang untuk berbuat sesuatu.
Agama dapat memberi petunjuk bagaimana moral (etika, akhlak) itu harus dijalankan. Agama-lah yang memberikan hukum-hukum moral dan karenanya maka agama-lah sanksi yang terakhir dari semua tindakan-tindakan moral."To preach morality is easy, but to find a foundation of morality is hard, (untuk mengajar akhlak adalah mudah tetapi untuk mencari dasar bagi akhlak adalah sukar), demikianlah Schopenhauer berkata. Dasar inilah diberikan oleh agama, dan sanksi agama-lah yang membantu dan mempertahankan cita etis.
Apabila kita meninjau negara-negara yang dikatakan modern, maka umumnya adalah campur tangan dalam soal Agama, malahan beberapa negara membuktikan hal ini dalam Undang-undang Dasar mereka. Begitu pun dengan Indonesia.
Sila pertama dari dasar negara kita ialah Ketuhanan Yang Maha Esa. Dalam UUD 1945, Bab XI, tentang Agama, pasal 29 tertulis bahwa 1. Negara Berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa; 2. Negara menjamin kemerdekaan tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu. Mengingat pasal 29 ini, maka cukup jelas bahwa kepribadian bangsa Indonesia adalah kepribadian yang ber-Ketuhanan Yang Maha Esa; dan Atheisme adalah bukan kepribadian bangsa Indonesia.


Ketersediaan

B000652297.567 Ali ePerpustakaan Hukum Daniel S. Lev (DSL)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
297.567 Ali e
Penerbit Jajasan Nida : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
39 hlm. ; 15 x 21 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
297.567
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this