Image of Amandemen UUD 1945 Antara Teks dan Konteks Dalam Negara yang Sedang Berubah

Text

Amandemen UUD 1945 Antara Teks dan Konteks Dalam Negara yang Sedang Berubah



Sejarah perkembangan dan pelaksanaan konstitusionalisme di Indonesia sejak 1945 hingga saat ini ternyata telah melahirkan tipologi negara yang totaliter dan otoriter. Hukum hanya dijadikan alat kekuasaan belaka. Salah satu indikasi dan asumsi yang berkembang adalah karena sifat singkat, luwes dan fleksibel UUD 1945 sehingga terbuka lebar peluang untuk memberi tafsir dan legitimasi kekuasaan, khususnya eksekutif. Atas dasar inilah wacana Amandemen UUD 1945 mulai digulirkan.

Guna merumuskan Amandemen UUD 1945 berbagai pendekatan dan metode serta disiplin keilmuan digunakan untuk mencermati dan mempertajam substansi, baik dari sisi terminologi bahasa maupun legal drafting. Paradigamtik, visi, misi bahkan prediksi ke depan kehidupan berbangsa dan bernegara menuju Indonesia Baru.

Buku karya Tim Kajian Amandemen Fakultas Hukum Universitas Brawijaya ini menyajikan dasar-dasar kritik tentang amandemen, prosedur amandemen dan sisi kelemahan UUD 1945. Dibahas pula analisis kritis Tim terhadap hasil amandemen tahap I UUD 1945 sevara tematik. Proses perjalanan amandemen tahap II yang dipersiapkan oleh PAH I BP MPP RI dideskripsikan juga dalam buku ini. Selain itu Ti juga menambahkan konsep amandemen tahap II UUD 1945 yang telah disusun secara matang oleh Tim.


Ketersediaan

B012078342.03 AmaPerpustakaan Hukum Daniel S. Lev (STHI Jentera)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
342.03 Ama
Penerbit Sinar Grafika : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xxii, 112 hlm,;21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
979-8767-62-4
Klasifikasi
342.03
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this